Akan kukenang selalu, cintaku di Barcelona!

"Peluklah diriku mesra, dalam cinta, sebagai pengikat rindu, akan kukenang selalu, cintaku di Barcelona!"

Sepenggal reffrain lagu Barcelona nya Fariz RM menjadi referensiku untuk mengunjungi kota ini.

Sebetulnya perjalanan ini tidak terencana, tadinya saya mau langsung ke Amsterdam setelah melakukan umroh.

Setelah otak atik rute, saya menemukan yang pas : Jeddah - Mesir - Barcelona menggunakan Egypt Air, kebetulan saya juga belum pernah ke Spanyol jadi ini merupakan pengalaman pertama juga! Yeay!

Setelah meninggalkan bandara Jeddah sampailah saya di bandara Cairo yang cukup membingungkan, karena yang turun di Mesir sama yang transit - stop nya berbeda. Ada yang turun terpaksa naik lagi ke bus nya.

Plus, transit gate nya cuma satu xray dengan antrian yang duh kah duh kah panjang banget, lelah hati ini.

Transit masih sekitar empat jam lagi Sebelum akhirnya boarding menuju El Prat Airport di Barcelona.

Saya sama sekali belum ada rencana mau apa ke Barcelona, mau kemana, naik apa, saya cuma punya bookingan penginapan di kawasan Diagonal tepatnya di Rodamon Hostel yang kece banget.


Salah satu souvenir menarik disini - pamer pamer pantat, haha..


Ini Hostel saya nginap, bikin malas kemana-mana
Sesaat setelah mendarat, saya masih meraba-raba mau naik apa ya ke kota. Mendarat di terminal 1, saya mencari alternatif termudah yaitu kereta, menggunakan transit bus gratisan ke terminal 2.

Di terminal bus itu ada beberapa rute menuju city centre dan ada mesin pembelian ticket, cuma saya tidak cek rute karena fokus cari cara ke terminal 2.

Sampai di terminal 2, jalannya lumayan juga kalau mau ke metro, itung-itung olahraga pagi karena cuaca masih cukup dingin.

Di stasiun metro, saya juga sempat kebingungan karena banyaknya pilihan opsi ticket yang bisa dibeli, akhirnya setelah tanya sama petugas dan menyampaikan berapa hari saya disini, dia menyarankan beli tiket T-10, harganya 9.95euro, bisa digunakan untuk transportasi bus, metro, kecuali kereta khusus yang langsung ke terminal 1 (ini baru saya tahu pas pulang ternyata ada metro langsung ke terminal 1, tapi ada extra cost)

Beli T-10 ini cukup untuk trip saya selama dua hari di Barcelona, sebenarnya ada beberapa pilihan lain kartu khusus 2 hari atau 3 hari, tapi tidak bisa dibeli di stasiun Terminal 2 (apa saya yang siwer yak? soalnya sama mamang penjaga stasiunnya ga diajari itu sih 

Ini nih T-10 Card

Apa sih yang menarik Barcelona?
Arsitekturnya!

Setiap sudut kota memiliki pesona bangunan yang bikin saya berdecak kagum, saya sempat ikut Free Walking Tour yang bekerjasama dengan tempat saya menginap dan berkumpul di Plaça de Catalunya dengan total kunjungan hampir sekitar tiga jam mengunjungi La Ramblas, Santa Maria Del Pi, Plaça Del Rai, The Gothic Quarter dan beberapa spot menarik lainnya.


Salah satu pojok arsitektur di Barcelona

Ya, karena saya memang belum ada rencana kemanapun, tour ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang.

Dalam tour juga dijelaskan, Barcelona adalah salah satu dari empat provinsi di Catalunya, walau menjadi bagian dari Spanyol, Catalunya berjuang untuk lepas dan merdeka dari Spanyol, banyak bendera emas-merah disandingkan di sebelah bendera Spanyol dipasang pada tiang-tiang balkon apartment / rumah / hotel untuk menunjukkan dukungan terhadap gerakan ini.

Tour leader kami juga menjelaskan, bahwa Catalunya memiliki bahasa (Catalan) yang lebih simple dari bahasa Spanyol, dan orang-orang disini terutama orang tua / pemilik kedai lebih suka apabila diajak ngobrol dengan bahasa Catalan, terkhusus jika kalian ingin menawar belanjaan 

Selain bangunan, Barcelona (Spanyol in general) menjadi surga buat yang mau belanja produk seperti Zara atau Massimo Dutti, saya sempat beli jaket kulit domba Massimo Dutti yang kalau di Indonesia harganya lebih mahal sekitar dua juta rupiah, duh! murah banget dah!

Camp Nou - Sempet nyasar milih stasiun, jadi jauh jalannya

Karena memang hanya menjadi kota transit, banyak spot yang tidak berhasil saya kunjungi, tapi setidaknya saya sudah punya gambaran untuk kembali lagi kesini (dan pasti kembali kesini, utamanya rencana trip lanjutan dari Maroko mendatang)

Tapi, tidak rugi untuk memasukkan Spanyol dalam daftar kunjungan kalian ke Eropa yaa, terutama untuk yang mau foto ala-ala, karena bangunannya yang memang menawan dan cantik!

Adéu, Barcelona! Fins aviat!
Newest
Previous
Next Post »